Rabu, 18 Agustus 2010

"brain wash"

Tayangan yang cukup menarik saya selama bulan ramadhan ini adalah acara sukses syariah yang ditayangkan oleh metro tv. Berbagai perkembangan keuangan syariah terutama dunia perbankan dipaparkan, semakin menambah rasa pnasaranku trhadap system ekonomi syariah ini. Dan yang pasti tentu saja selalu saja ditonjolkan produk dari sang sponsor utama acara ini, yaitu BSM……..
Ada sesuatu yang menggelitik skaligus memrirhatinkan tatkala ada segmen tentang pngalaman nasabah BSM, hampir semua ketika ditanyakan alasan n manfaat dari menjalin kemitraan dengan bank syariah, mereka mengatakan salah satunya adalah karena “bunga”nya yang kecil…….olala menyedihkan sekali..:-(.

Sudah sebegitu mndarah dagingnya konsep ekonomi konvensional bin kapitalis dalam diri masyarakat. Sepertinya diperlukan upaya “brain wash” tuk dapat merubah pola fikir konvensional mnuju pola fikir syariah. pengadaan figur public figure memang sebuah good idea sebagaimana pernah digulirkan seorang teman, namun menurut saya hal itu haruslah dibarengi dengan memunculkan trand mark produk syariah dalam masyarakat, sehingga tujuan utama tuk menghapuskan bunga dalam transaksi perekonomian kita tidak kabur. Karena menurut saya tatkala dimanfaatkannya public figure dalam mengkampanyekan suatu produk, maka masyarakat cenderung hanya melihat orangnya dibandingkan karena produknya, meskipun sekali lagi ini efektif, sehingga diperlukan strategi yang seimbang antara tujuan utama dan sisi marketingnya.

Sejauh pngamatan saya, yang mnjadi kendala masih sulitnya merubah pola pikir masyarakat ita adalah masih asingnya system ekonomi syariah dimata masyarakat kita, disamping karena memang sedikit rumitnya system syariah ini juga dikarenakan istilah yang masih asing dan cenderung njlimet, shingga masyarakat pun bilang “udahlah manut aja, sik pnting ak besuk mbayar utange ditambah tambahan bunga ato apalah itu segini bla bla bla bla”. Nah inilah yang harus kita pikirkan bersama tuk terus memahamkan dan myakinkan masyarakat akan keharaman bunga dan pngenalan konsep ekonomi syariah dalam pemahaman mereka, dan tentu saja dibutuhkan formula khusus tuk lebih mengakrabkan ekonomi syariah dalam kehidupan masyarakat dengan penyederhanaan istilah tanpa mengubah konsep pastinya…..

Free Template Blogger collection template Hot Deals SEO