Senin, 05 Juli 2010

MENANTI KESERIUSAN PEMERINTAH DALAM MENDUKUNG EKONOMI SYARIAH

Saat ini pertumbuhan kuantitas perbankan syariah mengalami pertumbuhan yang signifikan di tahun 2010 ini, bahkan bisa dibilang tahun ini adalah tahunnya bank syariah. Hal ini bisa dilihat dari data yang dirilis oleh Adiwarman Karim dalam PKES, bahwa di tahun 2010 ini akan ada lima BUS (Bank Umum Syariah) yang akan berdiri melengkapi delapan Bank Umum Syariah yang sudah ada saat ini, yaitu Bank Syariah Mandiri (BSM), BRI Syariah, Bank Muamalat, Bank Danamon Syariah, Bank Permata Syariah, Bank Victoria Syariah, Bank Bukopin Syariah, dan BCA Syariah.
Ditengah semakin bertumbuhnya geliat ekonomi syariah salahsatunya ditandai dengan semakin tumbuhnya kuantitas perbankan syariah, maka sudah seharusnya pemerintah lebih memperhatikan dan memberikan perhatian yang serius terhadap ekonomi syariah. Selama ini perhatian dan keseriusan pemerintah dalam mendukung ekonomi syariah dirasa masih sangat kurang.
Salah satu bukti ketidakseriusan pemerintah dalam mengembangkan bank syariah adalah keberadaan Direktorat Perbankan Syariah (DPbs) Bank Indonesia (BI) yang dianggapnya terlalu kecil jika mengurusi bank syariah ditempatkan selevel direktorat.
Riawan Amin yang merupakan ketua Abisindo menegaskan untuk mengurusi kebijakan perbankan syariah di BI, minimal adalah selevel Deputi Gubernur Senior bukan level DPbs dengan demikian ghiroh perbankan syariah lebih jelas dan memiliki power yang kuat. “Jika yang terjadi adalah DPbs sangat kecil kekuatanya dalam mengembangkannya dan ini terjadi di BI,”paparnya. Maka sekali lagi kata, Riawan Amin, untuk mendukung pengembangan perbankan syariah diperlukan dukungan politik pemerintah yang sangat kuat jika tidak akan menjadi perbankan syariah mengalami jalan ditempat. Dengan adanya Deputi Gubernur Senior yang mengurusi dan mengelola perbankan syariah maka Perbankan Syariah akan dapat memainkan peran yang lebih signifikan dalam mendukung ekonomi bangsa.
Sementara Direktur Bank Syariah Bukopin, Eriandi mengatakan, selama ini dukungan BI terasa cukup untuk mengembangkan perbankan syariah terbukti BI rajin melakukan pameran-pameran Islamic finance dan melakukan sosialisasi iB, meski demikian dari apa yang dilakukan belum memberikan pengaruh yang signifikan.
Oleh karena itu, dukungan pemerintah yang salah satunya melalui peran BI haruslah lebih diperkuat untuk dapat lebih mengembangkan dan memperkuat peran ekonomi syariah dalam perbaikan dan penguatan ekonomi di Indonesia. Sudah saatnya ekonomi syariah dapat memainkan peran yang signifikan bagi pertumbuhan ekonomi negeri ini.

Free Template Blogger collection template Hot Deals SEO

0 komentar: